Resep Shiny Fudgy Brownies Bung Aldo

By | May 24, 2019

Membuat brownies menurut saya gampang-gampang susah. Tepatnya membuat brownies dengan permukaan yang mengkilat, sedikit retak dan teksturnya padat, moist, sekaligus lembut gampang-gampang susah. Begitu banyak resep brownies yang pernah saya share di blog, permukaan shiny-nya kadang muncul kadang ‘ngumpet’ entah dimana hingga saya sering frustasi sendiri. Selama ini saya mengira kandungan coklat compound dan gula yang banyak akan membuatnya shiny, namun walau sudah ditambahkan berton-ton coklat compound mungkin hanya 1 atau dua saja yang menunjukkan hasil lebih baik. 

Membaca berbagai literatur terutama website King Arthur Flour, saya jadi tahu bahwa gula yang mencair dan naik ke permukaan saat brownies dipanggang akan memberikan hasil mengkilap, sementara coklat compound akan memberikan tekstur yang padat dan fudgy. Lantas bagaimana caranya untuk membuat gula bersedia mencair dan naik ke permukaan brownies? Resep seperti apa yang memang benar-benar terbukti pasti bisa menghasilkan brownies dengan permukaan shiny dan cracky dengan tekstur fudgy dan moist? Itu yang masih menjadi tanda tanya besar.

Bahan:– 85 gram tepung terigu serba guna- 1 sendok makan tepung maizena- 2 sendok makan coklat bubuk- 1/2 sendok teh baking powder- 1/4 sendok teh garam- 225 gram coklat compound (DCC), potong dadu- 115 gram mentega- 2 butir telur besar- 200 gram gula pasir- 1 sendok teh vanilla extract– 100 gram choco chips atau coklat compound potong dadu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *