Resep Mocha Frappe Bu Dhafina

By | December 7, 2018

Rencana hendak mengikuti rekomendasi akun Instagram  yang difollow Mbak Fina akhirnya berubah. Mbak Fina mengajukan satu nama warung bakmi yaitu Bakmi Jhon di jalan Sampit. Sejak sepuluh tahun nan lampau warung bakmi ini sering saya lewati gerobaknya yang mangkal di tepian jalan Melawai, tapi tak pernah mencicipinya. Bakmi gerobakan ini selalu ramai dipenuhi karyawan kantoran sejak jam tujuh pagi, ciri khas Bakmi Jhon adalah karyawannya yang mengenakan seragam. Kini  Bakmi Jhon telah memiliki warung sendiri, lokasinya tidak ditepian jalan Melawai lagi tapi masuk sedikit ke jalan Sampit. Warungnya lumayan besar, pembeli bisa duduk didalam atau berjajar ditepian jalan diatas kursi bakso. 

Bang, tiga mangkuk mi ayam bakso ya, yang satu gak pakai taburan daun-daunan, yang dua komplit.” Si Abang mengangguk singkat dan menjawab, “Tunggu sebentar ya, airnya sedang dipanaskan, tadi habis.” Sepuluh menit berlalu, aktifitas meracik mi yang tadinya berhenti tiba-tiba terlihat sibuk. Si Abang mulai mengeluarkan lima mangkuk lagi, dan lima mangkuk berikutnya, dan lima berikutnya, dan seterusnya, hingga ada sekitar dua puluh mangkuk diatas gerobak. Aktifitas menata mangkuk berhenti bukan karena tidak ada yang pesan, tapi karena permukaan gerobak tidak muat lagi menampungnya. Saya mulai membatin, “Tobat, banyak bener bo.”

Aksi meracik dilanjutkan dan akhirnya mie pesanan kami pun siap disantap. Bagaimana dengan rasanya? Wajar jika Bakmi Jhon tobat larisnya, rasanya enak dan gurih, walau agak sedikit asin karena si Abang kebanyakan memasukkan kecap ikan. Ayamnya terasa gurih, saya menebak menggunakan ayam kampung bercampur ayam negeri. Porsinya pas dan harga semangkuknya tidak sampai dua puluh ribu rupiah. Saya berencana hendak kembali lagi ke sana, tapi kali ini datang jam enam pagi untuk menghindar antri! 😄

Kembali ke resep ya. Minuman kekinian dengan banyak topping krim seperti ini memang sekarang mudah ditemukan dimana-mana. Saya terus terang suka dengan jenis-jenis minuman seperti ini, tapi jarang membelinya. Gula dan krim yang terkandung didalamnya amboi banyaknya dan membutuhkan berjam-jam jalan cepat diatas treadmill untuk membakarnya. Mana tahan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *