Resep Bruschetta Udang By Hatta

By | March 15, 2019

Akhir-akhir ini saya tak pernah membuat roti lagi, bukan karena prosesnya tidak menyenangkan, justru kebalikannya. Membuat roti walau harus diuleni secara manual dan mengeluarkan tenaga tapi sebenarnya merupakan aktifitas yang membuat otak menjadi rileks. Gerakan menguleni yang monoton dan diulang berkali-kali mampu membuat pikiran saya terfokus hanya pada seonggok adonan di jemari tangan dan melupakan hal lain disekitar. Ada rasa happy didalam hati kala adonan yang tadinya kasar, lengket dan tak mau diatur berubah menjadi lembut, smooth, kenyal sekaligus lemas ditangan. Apalagi ketika roti keluar dari oven dengan aroma yang begitu menggoda, tampilannya yang seksi mampu membuat saya berjingkrak riang sendiri. Walau telah berkali-kali dibuat namun perasaan itu tak pernah hilang. 

Tak heran jika Julia Child berkata ‘The art of bread making can become a consuming hobby, and no matter how often and how many kinds of bread one has made, there always seems to be something new to learn’.

Tapi dua minggu lalu saya menemukan baguette yang fresh di bakeri di Ranch Market di Lotte Avenue Mall. Jika ke Ranch Market maka biasanya target utama yang saya dituju adalah sayuran dan buah-buahannya yang segar dengan variasi yang banyak, tapi saat itu saya iseng melongok ke bakerinya. Ketika baguette-nya saya sentuh dan pencet, terasa empuk bukan keras seperti baguette yang umum dijual di supermarket disebelah kantor. Sebuah baguette seharga 18 ribu rupiah lantas saya bawa pulang, dan betapa menyesalnya mengapa tidak membelinya tiga stekaligus! Roti baguette di Ranch Market benar-benar sesuai dengan taste saya, permukaannya chewy sementara didalamnya empuk. Saya bahkan menyantap separuh baguette dengan tumisan ayam dan hampir menghabiskan sisanya jika tidak teringat dengan satu resep yang ingin saya coba yaitu bruschetta. 

Jika kita bersantap di resto Pizza HUT maka akan bertemu dengan makanan ini di dalam daftar menunya. Jujur, saya jarang sekali memesan bruschetta jika nongkrong di Pizza HUT, tapi saat liburan Lebaran lalu, ketika bersantap bersama keluarga di resto Pizza HUT di Blok M Plaza, kakak saya memesan menu ini dan surprised ternyata rasanya lumayan sedap. Sejak itu, makanan ini masuk dalam list untuk ditrial.


Bruscheetta adalah makanan pembuka dari Itali berupa irisan roti yang dioles dengan minyak zaitun, bawang putih dan garam. Roti kemudian dipanggang hingga garing permukaannya. Camilan ini juga sering hadir beserta topping tambahan diatasnya, biasanya terbuat dari cincangan tomat, keju, daun basil, bawang putih dan bawang bombay. Kali ini saya membuat bruschetta dengan topping yang terbuat dari cincangan udang, bawang bombay, bawang putih, sedikit mayonnaise dan susu kental manis. Beh, rasanya mantap! Selain udang maka tuna kalengan yang dihancurkan, cincangan ayam rebus/panggang, jamur, jagung manis pun lezat menjadi topping. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *